Profil

Subscribe:

Ads 470x60px

12.28.2011

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis ICT

Berbagai inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal ,termasuk dalam dunia pendidikan

Ia bisa menjadi media yang snagat tepat dalam menyalurkan pesan yang mendorong terciptanya belajar mengajar siswa, termasuk di dalamnya pesan-pesan yang disampaikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
Sudah banyak sofware-software islami yang diciptakan para pakar yang bisa dimanfaatkan dalam menunjang pembelajaran, seperti halnya power oint, flash, courseleb, ulead, al-Quran digital,Dhuha E-book, dan lain sebagainya.

Power Point, misalnya sebagai software yang beberapa tahun terakhir banyak diakrabi oleh beberapa orang dalam mempermudah presentasi adalah sangat cocok untuk pembelajaran PAI. Ia bisa menerima al-Qoran digital,software islami, lagu, Flash dan sekaligus juga bisa menerima film-film yang akan mempermudah pembelajaran PAI.Karena itu guru bisa memilih software power point, sebagai pendekatan dalam pembelajaran PAI.

Jika gurumampu menguasai flash, maka ia juga akan bisa mempermudah dalam pembelajaran. Program ini bisa menyimpan data banyak dalam pembelajaran PAI. Guru tidak perlu repot-repot dengan pembelajaran manual menerangkan memakai buku. Guru tinggal membawa laptop dan menyiapkan LCD, dan tinggal mengklik tombol-tombol yang sesuai. Jika ingin lebih mendalam, guru bisa mengklik URL, yang menyambungkan dengan alamat-alamat web di internet. Guru juga bisa menugaskan siswa dalam dunia maya, misalnya lewat Facebook, yang pasti sudah diakrabi oleh siswa. Degan demikian PAI pun bisa mengikuti perkembangan teknologi yang digandrungi siswa.

Dengan demikian maka, pembelajaran PAI tidak lagi terkesan :
- PAI merupakan pelajaran hafalan semata
- Siswa tidak mampu menghubungkan antara hal yang dipelajari dengan keguanaanya
- Siswa mengalami kesulitan memahami konsep-konsep abstrak yang diajarkan melalui metode ceramah.

1 komentar:

  1. betul sekali pak...ini telah saya terapkan dan anak2 antusias sekali

    BalasHapus